Senin, 15 Juni 2020

Yuk..., Belajar Ice Breaking


sumber gambar : fatkhan.web.id/ice-breaking-untuk-meningkatkan-semangat-belajar/

Ice Breaking adalah proses kegiatan peralihan situasi dari kondisi yang menjenuhkan, membosankan, menegangkan serta lainnya menjadi kondisi yang santai dan nyaman, dengan tujuan agar perhatian kembali tertuju pada materi yang diajarkan. 

Ice breaking atau kegiatan hiburan memiliki jenis yang bermacam-macam dan dapat dilakukan dengan kondisi yang berbeda-beda pula. Secara umum kegiatan Ice breaking dapat dilakukang dengan berbagai macam cara, Antara lain : Permainan, yel-yel, bernyanyi, senam, bercerita, tepuk tangan, tebak-tebakan. Pendidik tentunya tidak menutup mata dan telinga mereka rapat-rapat, mereka tentu tahu bahwa kemampuan menyimak dan fokus peserta didiknya memiliki ketahanan yang terbatas. Artinya jika ambang batas ke kuatan mereka menyimak sudah selesai maka materi yang diberikan pun akan terbuang sia-sia dan siswa cenderung untuk tidak mampu menerima pelajaran lebih lanjut (berubah menjadi jenuh).
 
Pemberian ice breaking paling tepat diberikan pada waktu yang kritis, yaitu saat kondisi siswa mengalami kelelahan dan kejenuhan yang sangat tinggi. Kondisi ini terjadi biasanya saat mereka menerima pembelajaran yang sangat berat atau materi yang sulit, pelajaran pada waktu siang hari (mendekati pulang sekolah) dan kondisi lainnya. Kondisi-kondisi kritis seperti ini paling tepat untuk dihadirkan ice breaking.

Untuk mengurangi rasa jenuh para sisa saat kegiatn belajar berlangsung, terkadang juga para guru mengajak para siswa mengadakan permainan akan tetapi tidak meninggalkan materi pelajaran yanga akan disampaikan. Permainan dalam ruang sering disebut dengan ice breaking. Berikut ini beberapa contoh dari permainan ice breaking dalam pembelajaran yang bisa dilaklukan para guru dengan siswanya, simak video dibawah ini




0 komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Menjadi Guru yang Dirindukan Siswa

Siapa yang tidak ingin menjadi guru yang dirindukan oleh para siswa? Bukan hanya sekadar memberikan pelajaran, tetapi juga menjadi sosok y...